Wakil Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Herry Erfian menyatakan peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan momentum bagi segenap masyarakat untuk terus menjaga kedaulatan dengan memperkokoh persatuan.

"Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 momentum bagi kita untuk menyatukan tekad dan semangat dalam menjaga persatuan dan kesatuan dalam bingkai kebhinekaan," ujarnya usai menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2021 secara virtual di Ruang Rapat VIP Pemda Bangka Tengah, Selasa.

Ia menjelaskan, Pancasila adalah lambang persatuan bangsa di tengah keberagaman yang memiliki semangat kebersamaan dalam menjaga kedaulatan bangsa.

"Keberagaman dalam berbangsa bukan untuk pertentangan, tetapi adalah semangat untuk hidup terus bersatu teguh dalam bingkai NKRI," ujarnya.

Erfian mengatakan, negeri ini sedang dihadapkan pada situasi yang cukup berat, yakni bergulat dengan pandemi COVID-19 dan dibutuhkan kebersamaan dan kekompakan untuk mengatasinya.

"Kita harus jujur mengakui, saat ini tantangan hidup dalam keberagaman sangat tinggi maka dibutuhkan strategi yang tepat untuk menjaga dan merawat ideologi Pancasila," ujarnya.

Khusus di Bangka Tengah, kata dia, kedaulatan dan kebhinekaan sudah berjalan cukup baik. Kendati terdiri banyak suku dan etnis namun mampu hidup berdampingan secara harmonis.

"Kehidupan seperti ini yang kita dambakan, jauh dari konflik dan jauh dari tindakan-tindakan yang bisa merusak persatuan dan kesatuan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021