Satuan Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat angka kesembuhan pasien COVID-19 di daerah itu terus bertambah menjadi total 3.841 orang tersebar di delapan kecamatan.

"Angka kesembuhan pasien COVID-19 menunjukkan perkembangan positif sehingga totalnya sudah mencapai 3.841 orang dari total keseluruhan kasus sebanyak 4.223 orang atau 312 orang masih menjalani perawatan kesehatan baik di rumah sakit atau di balai isolasi," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Selasa.

Ia mengatakan, angka kesembuhan pasien COVID-19 yang menjadi ribuan orang sudah termasuk dengan penambahan pasien sembuh hari ini sebanyak 37 orang dan diharapkan jumlahnya terus bertambah serta angka kasusnya menurun.

Dari total ribuan kasus COVID-19 kata Boy Yandra, didominasi pasien usia 20 sampai 44 tahun sebanyak 1.977, balita satu sampai empat tahun sebanyak 184 sedangkan usia kelompok bayi sebanyak 19 orang serta sisanya pada kelompok 45 tahun sampai katagori usia lanjut.

"Saya minta masyarakat selain harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan juga berperan menyampaikan informasi atau melaporkan ke petugas kesehatan jika mengalami kontak langsung dengan pasien COVID-19 guna dilakukan pencegahan selanjutnya," katanya.

Boy Yandra melarang warga di daerahnya melakukan isolasi sendiri tanpa sepengetahuan tim medis, isolasi mandiri hanya di berlakukan di daerah atau desa yang ditetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

"Saya optimis sebaran kasus COVID-19 yang sudah menyebar disemua atau di delapan kecamatan dapat ditekan dengan syarat masyarakat semangat bersatu padu melakukan pencegahan mentaati aturan prokes COVID-19," ucapnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021