Jumlah pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh di Kabupaten bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat, bertambah 37 orang sehingga total menjadi 2.178 orang.

"Dari sebanyak 2.141 kasus yang ditemukan selama pandemi COVID-19, sebanyak 2.178 orang dinyatakan sudah sembuh atau selesai menjalani karantina," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Jumat.

Meskipun sudah dinyatakan sembuh, namun Putra mengingatkan tetap menjaga protokol kesehatan dan memakai masker saat beraktivitas di luar rumah untuk mengurangi risiko penularan virus.

Ia menjelaskan, tambahan 37 orang pasien yang hari ini dinyatakan sembuh atau selesai menjalani masa karantina berasal dari Mentok sembilan orang, Simpangteritip satu orang, Jebus 15 orang, Parittiga tujuh orang, Kelapa tiga orang dan Tempilang dua orang.

Hari ini juga terjadi penambahan kasus baru sebanyak 19 orang, berasal dari Mentok 11 orang, Jebus lima orang dan Parittiga tiga orang sehingga total pasien yang masih wajib menjalani masa karantina dan perawatan sebanyak 184 orang yang sebagian besar menjalani isolasi mandiri.

"Hari ini tidak terjadi tambahan kasus meninggal dunia, secara keseluruhan masih 30 kasus," ujarnya.

Untuk jumlah pasien yang dinyatakan sembuh, hari ini lebih sedikit dibandingkan Kamis (10/6) yang berjumlah 45 orang, berasal dari Mentok 19 orang, Jebus 13 orang, Parittiga enam orang, dan Tempilang tujuh orang.

Sedangkan untuk jumlah kasus baru mengalami penurunan dibandingkan hari sebelumnya yang berjumlah 16 orang, berasal dari Mentok enam orang, Jebus empat orang dan Parittiga enam orang.

"Kami minta warga semakin waspada dan meningkatkan disiplin menjalankan protokol kesehatan agar bisa bersama-sama mengendalikan penyebaran virus yang masih tinggi," kata Putra.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021