Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan sebanyak 1.657 dosis vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat dalam rangkaian peringatan ulang tahun Bhayangkara ke-75 di daerah itu.

"Kami berikan apresiasi positif kepada Polres Bangka Barat yang mengajak kerja sama pemberian vaksin COVID-19 pada bakti sosial yang digelar dalam rangka peringatan ulang tahun Bhayangkara tahun ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, drg. Achmad Syaifuddin di Mentok, Senin.

Ia menjelaskan, pada pelaksanaan vaksinasi gratis tersebut pihaknya melibatkan para petugas kesehatan dari RSUD Sejiran Setason untuk pelaksanaan vaksinasi dosis pertama yang digelar di Mapolres Bangka Barat. Untuk suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama digelar mulai hari ini hingga 30 Juni 2021.

"Kami juga melibatkan para petugas Puskesmas di seluruh kecamatan yang nantinya akan bekerja sama dengan Polsek jajaran di wilayah hukum Polres Bangka Barat," kata Achmad.

Ia berharap dengan kegiatan vaksinasi massal yang dilakukan bersama Polres Bangka Barat dapat memperluas cakupan penerima vaksin dalam upaya mencegah penyebaran virus corona jenis baru di daerah itu.

Wakapolres Bangka Barat Kompol Johan Wahyudi mengatakan mulai hari ini dilakukan vaksinasi massal tahap pertama dan untuk tahap dua akan dilaksanakan pada 12 Juli 2021 di lokasi yang sama.

Pelaksanaan bakti sosial vaksinasi massal tidak hanya digelar di Mapolres Bangka Barat, namun juga di Polsek jajaran, seperti yang dilaksanakan di wilayah hukum Polsek Kelapa yang dilaksanakan di Puskesmas Kelapa.

"Berdasarkan data yang kami terima, untuk wilayah Kelapa hari ini ada sekitar 125 orang yang ikut vaksinasi massal," ujarnya.

Menurut dia, pelaksanaan vaksinasi itu sebagai salah satu bentuk dukungan Polri dalam upaya bersama menanggulangi pandemi yang masih berlangsung.

"Kegiatan ini berlangsung hingga 30 Juni 2021, kami berharap masyarakat yang memenuhi syarat dan belum divaksin segera datang ke lokasi dengan membawa KTP," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021