Pasien COVID-19 di Kabupaten Bangka barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dinyatakan sembuh sebanyak 2.349 orang sejak awal pandemi virus corona baru hingga pertengahan Juni 2021.

"Tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di daerah ini tinggi, yaitu sekitar 95 persen dari 2.471 keseluruhan kasus warga yang ditemukan positif sejak awal pandemi COVID-19 hingga kini," kata Juru BIcara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Sabtu.

Sebanyak 2.349 pasien yang dinyatakan sembuh tersebut termasuk tambahan enam orang pasien yang dinyatakan sembuh pada Sabtu ini, yang berasal dari Mentok dua orang, Jebus tiga orang dan Kelapa satu orang.

Sedangkan untuk penambahan kasus baru yang terkonfirmasi hari ini sebanyak tujuh orang, dari Kecamatan Mentok lima orang dan Jebus dua orang.

"Adanya tambahan kasus baru tersebut, saat ini pasien yang masih wajib menjalani masa karantina, perawatan dan isolasi mandiri sebanyak 89 orang yang sebagian melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan dari para petugas RT, perangkat desa dan kelurahan setempat," ujarnya.

Dari sebanyak 2.471 kasus yang ditemukan di Bangka Barat selama pandemi COVID-19 berlangsung, 33 orang pasien di antaranya meninggal dunia.

"Para pasien meninggal dunia sebagian besar warga lanjut usia dan memiliki penyakit penyerta," katanya.

Putra menambahkan, dalam beberapa hari terakhir jumlah kasus yang ditemukan semakin menurun karena jumlah pemeriksaan terhadap para warga yang memiliki kontak erat dengan pasien semakin sedikit.

"Kami berharap tren penurunan ini bisa terus berlangsung dan sehingga kita bisa bersama-sama memutus mata rantai penularan virus," kata dia.

Namun ia mengingatkan masyarakat selalu waspada dan meningkatkan disiplin menjalankan protokol kesehatan, minimal menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021