Pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hari Selasa ini bertambah 12 orang menjadi 2.371 orang.

"Penambahan pasien hari ini lebih banyak dibandingkan jumlah kasus baru yaitu enam orang, sehingga jumlah pasien yang masih wajib menjalani karantina dan perawatan menjadi 88 orang," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Selasa.

Sebanyak 12 orang yang dinyatakan sembuh berasal dari Mentok sembilan orang, Simpangteritip satu orang dan dari Kecamatan Parittiga dua orang.

Sedangkan enam kasus baru yang baru terkonfirmasi berasal dari Mentok satu orang, Jebus satu orang dan Kelapa empat orang.

"Untuk jumlah kasus keseluruhan selama pandemi COVID-19 berlangsung, di Bangka Barat ditemukan sebanyak 2.494 kasus, 35 orang di antaranya meninggal dunia," katanya.

Menurut dia, dalam dua pekan terakhir kasus harian yang ditemukan menurun dibandingkan pekan-pekan sebelumnya, namun penurunan kasus baru tersebut bukan karena COVID-19 mereda, tetapi lebih pada menurunnya pemeriksaan yang dilakukan terhadap warga.

"Kami akan terus memantau laju penurunan kasus ini. Memang kecepatan laju kasus konfirmasi COVID-19 dengan kesembuhan sudah sesuai yang diinginkan, namun harus tetap waspada," katanya.

Dengan meningkatkan kewaspadaan dan disiplin menjalankan protokol kesehatan diyakini kecepatan laju kesembuhan lebih banyak dibandingkan dengan laju penambahan kasus konfirmasi.

"Kita akan terus berusaha untuk bersama-sama menekan seminimal mungkin potensi penularannya," kata Putra.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021