Pangkalpinang (Antara Babel) - Gubernur Bangka Belitung (Babel), Rustam Effendi meminta seluruh SKPD untuk mempercepat penerapan E-Government untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Mudah-mudahan tahun ini, penerapan pelayanan berbasis elektronik terwujud, sehingga kinerja birokrasi pemerintahan lebih cepat, efektif dan efisien," kata Rustam Effendi di Pangkalpinang, Rabu.

Untuk mewujudkan penerapan E-Government ini, kata dia, pihaknya telah melakukan berbagai kajian dan studi banding ke daerah yang telah menerapkan berbasis internet tersebut.

"Kami berharap masing-masing SKPD di lingkungan pemerintahan provinsi, kabupaten/kota untuk berbenah meningkatkan fasilitas pendukung e-government tersebut," ujarnya.

Ia menjelaskan, penerapan E-Government ini  berdasarkan instruksi Presiden RI Joko Widodo saat Rakornas Kabinet Kerja yang dilaksanakan tanggal 4 November 2014; bahwa seluruh Pemerintah di Indonesia menerapkan sistem E-Government.

"Program ini sangat baik dilakukan untuk efisiensi dan reformasi birokrasi yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan baik," ujarnya.

Menurut dia, selama ini pelayanan pemerintah provinsi, kabupaten/kota masih dilakukan secara manual, sehingga perlu ditingkatkan melalui komputerisasi.

"Penerapan E-Goverment ini tentu lebih efesiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, diharapkan Diskominfo untuk segera merealisasikan ke seluruh SKPD dalam hal penggunaan E-Government di lingkungan Pemprov Babel.

"Selama ini, penerapan pelayanan berbasis internet ini masih terkendala jaringan yang masih kurang memadai, sumber daya manusia dan sarana pendukung lainnya," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015