Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) Indonesia mendatangi Desa Tanjung Gunung, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka guna menyosialisasikan tentang kesehatan masyarakat khususnya di daerah pesisir.
    
"Kedatangan tim ke desa ini untuk memberikan penyuluhan tentang kesehatan masyarakat kawasan pesisir di Bangka Belitung. Selain itu juga untuk mendekatkan Bakamla dengan masyarakat guna mempermudah tugas pokok dan fungsi Bakamla," ujar Ketua Tim Bakamla, Liza Waluyo di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, kedatangan pihaknya ke Desa Tanjung Gunung merupakan salah bentuk kepedulian terhadap masyarakat, khususnya masyarakat pesisir.

Menurut dia, sosialisasi tentang kesehatan masyarakat tersebut sebagai bentuk antisipasi dini terhadap sejumlah penyakit seperti deteksi dini kanker, penyuluhan ASI, sanitasi dan pemeriksaan ibu hamil.
    
"Semua akan baik jika kesehatannya baik. Maka itu kita berikan sosialisasi kesehatan ini untuk masyarakat pesisir," ujarnya.

Ia mengungkapkan, selain menyosialisasikan tentang kesehatan, pihaknya juga menggelar penyuluhan tentang pengelolaan produk lokal dari hasil laut seperti pembuatan nuget dan bakso ikan.

Menurut dia, kegiatan serupa juga digelar di 10 daerah lainnya di Indonesia, di antaranya di Aceh, Karimun, Sambas, Natuna, Kupang, Merauke, Jayapura, Tarakan dan Tual.

Sementara itu, Kepala Kantor Ground Station Bakamla Babel, Amin Nugraha mengatakan pihaknya juga memberikan pengarahan kepada masyarakat setempat soal tugas pokok dan fungsi Bakamla yang merupakan perubahan dari Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla).
    
"Selain bhakti sosial kesehatan, kami juga memperkenalkan Bakamla kepada masyarakat. Kedekatan seperti ini akan mempermudah pekerjaan kami membantu masyarakat pesisir," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015