Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Komunikasi dan Informatika Bangka Belitung akan menggelar Festival Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi 2015 untuk meningkatkan partisipasi masyarakat desa menggunakan teknologi.

"Saat ini, kegiatan Festival Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi (Destika) yang akan digelar di Belitung Timur masih dalam persiapan dan mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kegiatan tersebut dapat digelar," kata Kepala Diskominfo Babel, Noviar Ishak di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan, Festival Destika ini merupakan festival teknologi informasi dan komunikasi (TIK) rakyat perdesaan untuk menggerakkan partisipasi komunitas desa dalam memanfaatkan TIK secara cerdas, kreatif dan produktif.

"Kami bertugas untuk menyukseskan kegiatan itu, sehingga mereka mampu mengakses informasi dengan baik untuk meningkatkan pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan Festival Destika ini merupakan forum komunikasi dan ajang berkumpul serta berbagi pengalaman antarkomunitas dan penggiat desa.

Selain itu, masyarakat dapat memahami konsep pemahaman TIK sebagai suatu komponen penting dalam mobilisasi informasi, pengawasan eksternal, dan evaluasi eksekutif di desa itu.

"Kami sangat mengapresiasi pemerintah menunjuk Belitung Timur sebagai tempat kegiatan Destika ini yang bertujuan meningkatkan pemberdayaan desa di Indonesia," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, diharapkan pemerintah kabupaten/kota se-Babel harus saling mendukung dan bekerja sama kegiatan untuk meningkatkan sumber daya manusia masyarakat perdesaan ini.

"Festival ini akan menampilkan potensi dan kearifan lokal serta budaya guna menunjukan potensi Babel kepada daerah-daerah lainnya," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015