Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat terdapat seorang bayi inisial Kmp usia 10 hari asal Kecamatan Pemali terpapar COVID-19.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Rabu mengatakan, Kmp terpapar COVID-19 berdasarkan hasil uji kesehatan yang memiliki riwayat kontak dengan orang tuanya yang terlebih dulu dinyatakan positif COVID-19.

"Kmp mengalami sesak nafas saat ini menjalani perawatan kesehatan secara intensif di rumah sakit umum provinsi Bangka Belitung," jelasnya.

Baca juga: Empat kabupaten/kota di Babel ditetapkan zona merah COVID-19

Dia mengatakan, sampai dengan sekarang total bayi atau anak usia di bawah satu tahun yang terkonfirmasi positif COVID-19 mencapai 22 bayi tersebar disejumlah wilayah kecamatan.

"Dari total kasus COVID-19 sebanyak 5.166 orang, terbanyak pada kelompok usia 20 sampai 44 tahun mencapai 2.434 sisanya kelompok usia bayi, balita, anak-anak dan usia lanjut," katanya.

Boy Yandra mengingatkan warganya terutama yang mempunyai bayi dan balita agar benar-benar menerapkan protokol kesehatan dan diusahakan untuk menjaga jarak bagi orang tau yang positif COVID-19.

"Sebaran kasus COVID-19 sudah menyasar disemua jenjang usia, kondisi ini harus benar-benar diperhatian seluruh masyarakat dengan meningkatan penerapan prokes," ujar Boy Yandra.

Bahkan kata dia, dari 100 pasien COVID-19 yang meninggal dunia terdapat satu balita meninggal usia 1.5 tahun asal Kecamatan Sungailiat.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021