Pemerintah Kabupaten Belitung Timur,  Kepulauan Bangka Belitung, memberikan beasiswa untuk 99 mahasiswa yang memiliki prestasi akademik di daerah itu.

"Tahun ini kami mengalokasikan dana beasiswa bagi 99 mahasiswa berprestasi dan  orang tuanya dianggap kurang mampu secara ekonomi," kata Kepala Bagian Kesra Setda Belitung Timur, Fajarianto di Manggar, Jumat.

Ia menjelaskan dari 99 mahasiswa yang akan diberikan beasiswa tersebut dengan rincian sebanyak 24 orang merupakan mahasiswa yang kuliah di dalam provinsi dan 75 orang untuk mahasiswa yang kuliah di luar provinsi.

"Program beasiswa ini digulirkan setiap tahun yaitu pemberian beasiswa non permanen bagi mahasiswa berprestasi dan kurang mampu," ujarnya.

Pemerintah daerah memberikan beasiswa sebesar Rp12 juta mereka yang kuliah di dalam provinsi dan Rp15 juta yang kuliah di luar provinsi.

"Saat ini kami tengah sosialisasi terkait beasiswa ini, baik ke sekolah, desa ataupun media pemerintah," ujarnya.

Ia mengatakan, kualifikasi berprestasi adalah mahasiswa yang Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal 3,00.

"Namun kami melakukan scoring penilaian untuk mahasiswa penerima bantuan beasiswa," ujarnya.

Menurut dia, ada lima scoring unsur penilaian, dari IPK, akreditasi program/jurusan, akreditasi perguruan tinggi, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan juga kondisi lapangan saat survey.

"Semankin tinggi prestasi dan semakin rendah taraf ekonominya maka akan berpeluang besar mendapatkan beasiswa," jelas Fajar.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021