Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Elfiyena membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Mobile Training Unit (MTU) berbasis kompetensi, program peningkatan kompetensi tenaga kerja dan produktivitas Balai Latihan Kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2021 yang digelar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Atap Langit Bangka Tengah.

Dalam sambutannya Elfiyena mengatakan, sebagai warga bangsa di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga Kabupaten Bangka Tengah diperhadapkan dengan berbagai masalah termasuk masalah di bidang ketenagakerjaan.

Masalah-masalah tersebut seperti, Meningkatnya angka pengangguran akibat lesunya dunia usaha yang dikarenakan dampak pandemi COVID-19, Masih rendahnya daya saing calon tenaga kerja akibat kesenjangan yang terjadi antara kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja dengan kompetensi yang diharapkan oleh dunia usaha dan dunia industri serta masalah-masalah lainnya yang tak pernah habis.

Tuntutan kualitas tenaga makin hari makin meningkat, tuntutan mutu yang kian menjadi sorotan dalam dunia usaha, persaingan yang semakin besar membutuhkan tenaga kerja yang siap pakai. Oleh karena itu dengan dibukanya kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Mobile Training Unit (MTU) dana APBN tahun 2021 ini sedikit banyak diharapkan mampu memenuhi tuntutan tersebut meski secara kualitas dan kuantitas masih perlu pembinaan lebih lanjut.

Elfiyena menambahkan, kepada para peserta pelatihan agar kiranya dapat mengikuti dengan serius dibawah bimbingan para instruktur, sehingga dengan bekal keterampilan tersebut nantinya saudara dapat bersaing untuk memperoleh pekerjaan diberbagai sektor lapangan kerja yang tersedia.

"Tak henti-hentinya saya juga berpesan diberbagai kesempatan agar jangan lalai untuk terus menggunakan masker dan rajin mencuci tangan dalam tiap aktivitas, jaga jarak aman dengan teman sekitarnya dan laksanakan protokol COVID-19 dengan semestinya.***

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021