Sebanyak 3.157 pasien COVID-19 dari jumlah kasus keseluruhan 3.866 yang ditemukan di Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama pandemi, dinyatakan sembuh atau selesai menjalani masa isolasi.

"Jumlah pasien sembuh sampai saat ini mencapai 81,6 persen, namun jumlah itu akan terus meningkat seiring banyaknya pasien yang sudah hampir selesai masa isolasi," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Kamis.

Dalam beberapa pekan terakhir jumlah kasus di daerah itu terus meningkat, bahkan saat ini Kabupaten Bangka Barat termasuk salah satu dari tiga kabupaten di Babel yang diwajibkan menjalankan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, bersama Belitung dan Belitung Timur.

Kewajiban menjalankan PPKM level 4 tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk membatasi gerak warga di dalam daerah dan mobilitas keluar masuk warga dari luar daerah sehingga diharapkan mampu mengendalikan penyebaran virus tersebut.

"Dalam PPKM ini dibutuhkan kesadaran, kejujuran, sikap peduli dan kebersamaan untuk mencegah penularan. Dengan lebih banyak berada di rumah dan selalu disiplin protokol kesehatan saat berada di luar rumah akan meminimalkan risiko penularan," katanya.

Selain meningkatkan disiplin protokol kesehatan, selama PPKM tim kesehatan Satgas juga akan meningkatkan penelusuran dan pemeriksaan, baik kepada warga yang memiliki kontak erat dengan pasien sebelumnya maupun tes usap secara acak di lokasi-lokasi berisiko tinggi dengan target 305 tes usap per hari.

Dari hasil hasil pemeriksaan tes usap yang dilakukan, hari ini ditemukan sebanyak 49 orang warga yang terkonfirmasi positif COVID-19, yaitu berasal dari Kecamatan Mentok 18 orang, Simangteritip 13 orang, Jebus 11 orang, Parittiga dua orang, Kelapa satu orang dan dari Tempilang empat orang sehingga total pasien yang masih wajib karantina, perawatan dan isolasi mandiri menjadi 646 orang.

"Untuk kasus meninggal dunia pada pasien yang sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 hari ini bertambah satu orang dari Kecamatan Mentok, sehingga keseluruhan kasus meninggal dunia selama pandemi berlangsung menjadi 63 orang," Putra Kusuma menambahkan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021