Pasien COVID-19 di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dinyatakan sembuh bertambah 29 orang, sehingga keseluruhannya menjadi 3.295 orang.

"Sampai hari ini, dari sebanyak 4.029 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 yang ditemukan di Bangka Barat selama pandemi berlangsung, sebanyak 3.295 orang dinyatakan sembuh atau selesai menjalani masa karantina dan perawatan, termasuk 29 orang yang dinyatakan sembuh pada hari ini," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Minggu.

Sebanyak 29 orang yang dinyatakan sembuh pada hari ini berasal dari Kecamatan Mentok 24 orang dan Parittiga lima orang.

"Selain terjadi penambahan pasien sembuh, hari ini juga terlapor tiga kasus pasien COVID-19 yang meninggal dunia saat menjalani perawatan," ujarnya.

Tiga pasien yang meninggal dunia tersebut, masing-masing berinisial tuan Ng (58) warga Desa Airbelo, Mentok meninggal dunia di RSUD Sejiran Setason, nyonya Se (28) warga Kelurahan Sungaibaru meninggal dunia di RSUP Soekarno, Pangkalpinang dan tuan Ja (60) warga Mentok yang meninggal dunia di RSUD Sejiran Setason.

Putra mengatakan, total kasus pasien meninggal dunia selama pandemi berlangsung sebanyak 69 orang.

Untuk penambahan kasus baru, katanya, hari ini terlapor sebanyak 33 kasus baru hasil pemeriksaan yang dilakukan petugas pada hari sebelumnya, masing-masing berasal dari Kecamatan Mentok 24 orang, Parittiga enam orang, Kelapa dua orang dan Tempilang satu orang.

"Dengan adanya tambahan 33 kasus baru, hari ini pasien yang masih wajib menjalani karantina, perawatan dan isolasi mandiri menjadi 665 orang," katanya.

Ia mengimbau dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di daerah itu, warga semakin disiplin menjalankan protokol kesehatan dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 25 Tahun 2021.

"Butuh kesadaran dan kejujuran bersama untuk meminimalkan risiko penularan dan mengakhiri PPKM ini. Kami berharap ada perubahan pola kebiasaan masyarakat dalam mengikuti aturan yang berlaku selama pandemi berlangsung," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021