Sebanyak 3.306 orang pasien COVID-19 di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi kepulauan Bangka Belitung dinyatakan sembuh atau selesai menjalani masa karantina dan perawatan.

"Jumlah keseluruhan warga yang dinyatakan terkonfirmasi COVID-19 di daerah ini mencapai 4.047 kasus, sampai saat ini yang dinyatakan sembuh sebanyak 3.306 orang, termasuk tambahan 12 orang yang dinyatakan sembuh hari ini," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Senin.

Sebanyak 12 orang yang dinyatakan sembuh hari ini berasal dari Kecamatan Simpangteritip empat orang, Parittiga enam orang dan dua orang dari Tempilang.

Selain terjadi penambahan jumlah pasien sembuh, hari ini juga ditemukan adanya tambahan kasus baru sebanyak 18 orang, berasal dari Kecamatan Mentok 10 orang, Jebus empat orang, Parittiga tiga orang, dan Tempilang satu orang, sehingga total pasien wajib isolasi menjadi 670 orang.

Pada hari ini juga ditemukan adanya tambahan satu kasus pasien yang sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 yang meninggal dunia, berasal dari Kecamatan Mentok.

Pasien meninggal dunia tersebut berinisial nyonya Yk (68) warga Kampung Keranggan Atas, Mentok yang meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSUD Sejiran Setason, Kabupaten Bangka Barat.

Selama pandemi COVID-19 berlangsung. jumlah kasus pasien meninggal dunia di Bangka Barat mencapai 71 kasus.

"Kami mengucapkan belasungkawa dan untuk keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan ketabahan dan kekuatan," ujarnya.

Putra menambahkan, saat ini rasio jumlah kasus dibandingkan jumlah penduduk di daerah itu masih cukup tinggi sehingga diharapkan masyarakat semakin patuh menjalankan protokol kesehatan.

Kebijakan menjalankan PPKM level 4 merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah untuk meminimalkan jumlah kasus yang wajib dibarengi dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat dalam aktivitas sehari-hari.

"Masyarakat memegang kunci penting keberhasilan PPKM, sementara Pemerintah akan melakukan penelusuran dan pemeriksaan, bersamaan dengan kegiatan vaksinasi yang terus dilaksanakan guna pengendalian penularan virus," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021