Sungailiat (Antara Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendy minta seluruh Ketua RT di daerahnya  menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat setempat sehingga program pembangunan yang direncanakan dapat berjalan lancar.

"Saya minta seluruh Ketua RT harus turut menciptakan kondisi Kamtibmas di lingkungan masing-masing dengan cara melakukan pengawasan maupun pendataan bagi warga pendatang serta memberikan informasi kepada pihak kepolisian terdekat jika ada dugaan ancaman keamanan," kata Gubernur di Sungailiat, Sabtu.

Menurut dia, keberadaan RT merupakan wilayah pemerintah terkecil di suatu daerah dan sebagai ujung tombak terwujudnya pembangunan daerah itu.

"Saya mendukung sepenuhnya terbentuknya forum RT di Kabupaten Bangka, karena organisasi ini merupakan satu-satunya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," katanya.

Peran RT kata dia, diharapkan dapat  menjaga keamanan dan ketertiban atau  meminimalisir permasalahan sejak dini pada lapisan masyarakat ditingkat pemerintahaan paling bawah.

"Kepada seluruh RT dapat  saling berkoordinasi atau berkomunikasi untuk memecahkan persoalan di lingkungan masing-masing," ujarnya.

Sementara menurut Wakil Bupati Bangka, Rustamsyah mengatakan, pihaknya menyarankan agar seluruh RT untuk sering berkomunikasi dengan lembaga diatasnya termasuk ke pihak kepolisian maupun TNI yang terdekat.

"Saya minta kalau ada persoalan pelanggaran tindak kriminal maupun ancaman pelanggaran segera dilaporkan ke pihak kepolisian untuk dilakukan tindakan, jangan sekali-kali melakukan hakim sendiri yang akan merugikan dirinya dan orang lain," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015