Satgas COVID-19 Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyediakan layanan tes antigen gratis di bagi warga di daerah itu.

"Layanan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memeriksakan diri apabila merasakan gejala yang mengarah kepada COVID-19," kata Ketua Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Jumat.

Ia berharap, dengan tersedianya layanan tersebut kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri apakah terinfeksi COVID-19 atau tidak dapat meningkat.

Baca juga: Belitung hentikan KBM tatap muka cegah penularan COVID-19 varian delta

Dikataka Sahani, kesadaran untuk memeriksakan lebih awal apakah terinfeksi COVID-19 atau tidak dapat mengantisipasi penyebarannya yang semakin meluas.

"Sehingga dapat membantu mempercepat memutus mata rantai penyebaran apalagi saat ini kita menghadapi ancaman penyebaran COVID-19 varian delta yang baru ditemukan," katanya.

Ia menambahkan, hasil dari layanan pemeriksaan tes antigen tersebut hanya sebatas keperluan penelusuran dan pelacakan kasus tidak diperkenankan digunakan sebagai dokumen persyaratan untuk melakukan perjalanan ke luar daerah.

"Hanya untuk "tracing" dan "testing" silahkan masyarakat datang dan memeriksakan kalau untuk syarat perjalanan luar daerah baik trasnportasi udara dan laut kami tidak mengeluarkan surat keterangannya," ujar dia.

Menurutnya, selain di pusat kota Tanjung Pandan posko dan layanan tersebut juga akan dibuka baik di tingkat deda dan kelurahan guna meningkatkan pelacakan dan penelusuran kasus COVID-19 di daerah itu.

"Karena kami juga memiliki keterbatasan untuk mobilitasnya sehingga dengan adanya posko ini kami harapkan menggugah kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021