Satuan Tugas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh atau selesai menjalani masa karantina dan perawatan mencapai 92,5 persen dari total 4.960 kasus sejak pandemi berlangsung.

"Sampai hari ini jumlah pasien sembuh dari COVID-19 mencapai 4.589 orang, termasuk tambahan pasien sembuh yang dirilis hari ini 62 orang dari lima kecamatan," kata Juru Bicara Satgas Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, M. Putra Kusuma di Mentok, Kamis.

Ke-62 orang yang dinyatakan baru sembuh berasal dari Kecamatan Mentok empat orang, Jebus empat, Parittiga 45, Kelapa tiga dan Tempilang enam orang.

Pada hari ini juga dirilis adanya tambahan kasus baru warga terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 25 orang, berasal dari Mentok delapan orang, Simpangteritip satu, Jebus empat, Parittiga dua, Kelapa empat dan Tempilang enam orang sehingga total pasien yang masih wajib karantina atau perawatan menjadi 269 orang.

"Padi hari ini juga kami rilis adanya tambahan dua kasus pasien yang sebelumnya sudah dinyatakan positif COVID-19 yang akhirnya meninggal dunia sebanyak dua orang, berasal dari Mentok dan Tempilang masing-masing satu," katanya.

Dengan adanya tambahan dua kasus meninggal dunia hari ini, jumlah keseluruhan kasus pasien COVID-19 meninggal dunia selama pandemi berlangsung sebanyak 102 kasus.

"Sebagian besar kasus pasien meninggal dunia ini merupakan warga yang berusia 60 tahun lebih dan memiliki penyakit penyerta atau komorbid," Putra menambahkan.

Untuk menghindari terjadinya penularan terhadap warga yang memiliki risiko tinggi, diminta warga tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 5M.

"Pemerintah Daerah bersama instansi terkait juga menggencarkan program vaksinasi COVID-19 dengan target sekitar 600 hingga 700 orang per hari guna mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok sekaligus mendukung program Pemerintah Pusat sejuta vaksin sehari," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021