Sebanyak 21.052 warga di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah divaksin atau pencapaiannya sebesar 20,8 persen dari target sebanyak 101.206 warga.

"Pencapaiannya baru mencapai 20,8 persen, berarti masih ada sekitar 80 ribu warga yang belum divaksin," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung Timur, Supeni di Manggar, Kamis.

Untuk mengejar target 80 persen tersebut, pihaknya berharap stok vaksin dapat terus tersedia karena animo masyarakat untuk vaksin sangat tinggi.

"Kita terus meminta untuk mendapatkan persediaan vaksin, walaupun tidak sekali datang, dropping vaksinnya dapat rutin minimal seminggu sekali," ujarnya.

Ia mengatakan, setelah program vaksin massal, dalam waktu dekat ini program vaksinasi untuk anak sekolah dan ibu hamil akan dilaksanakan di daerah itu.

"Kita akan menggarap yang sasaran anak sekolah dengan menggunakan vaksin Sinovac. Selain itu juga untuk ibu hamil sekarang sudah boleh vaksin, namun tetap dengan syarat tertentu," ujarnya.

Ia mengatakan, pemberian vaksin di daerah itu berjalan dengan lancar dan hingga saat ini pihaknya tidak menemukan adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) baik yang sedang maupun berat.

"Kalau KIPI yang ringan ada, namun sangat kecil kasusnya. Misalnya, demam ringan, menggigil atau nyeri pas di lengan habis disuntik," jelasnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021