Kepolisian Resor Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan penanggulangan COVID-19 hingga ke pelosok.

"Edukasi dan sosialisasi pencegahan COVID-19 ini kami lakukan hingga pelosok kampung agar warga semakin patuh protokol kesehatan sehingga kita bisa segera kembali ke zona hijau," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Agus Siswanto di Mentok, Bangka Barat, Senin.

Penggencaran sosialisasi dan edukasi tidak hanya dilakukan para personel Polres Bangka Barat, namun juga melibatkan para personel polsek jajaran dan para Bhabinkamtibmas di seluruh desa dan kelurahan.

Selain bertatap muka langsung dengan warga dari rumah ke rumah, sosialisasi dan edukasi juga dilaksanakan pada saat personel bertemu dengan jamaah di beberapa masjid di daerah itu.

"Kemarin kita juga sudah bertemu dengan jamaah Masjid Miftahul Jannah, Desa Pelangas, Simpangteritip. Kami sampaikan beberapa pesan agar warga patuh menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Selain memberikan pemahaman terkait COVID-19 dan cara melindungi diri masing-masing agar tidak tertular atau menularkan virus tersebut, personel juga membagikan masker kepada jamaah di masjid tersebut.

"Kami juga menyampaikan beberapa pesan terkait upaya bersama menjaga kamtibmas di lingkungan terkecil masing-masing, pencegahan paham radikal dan gerakan antiPancasila yang perlu diberantas bersama-sama," katanya.

Melalui kegiatan itu diharapkan bisa mendekatkan para personel Polri dengan masyarakat dan para pemuka agama sekaligus memudahkan upaya bersama menjaga kamtibmas.

"Kami juga berpesan agar para personel Polres Bangka Barat bisa menjadi contoh yang baik di tengah masyarakat dalam upaya memakmurkan masjid, menjaga hubungan baik antarwarga dan menjaga kamtibmas," katanya.

Bersamaan dengan kegiatan sosialisasi dan edukasi dengan jamaah Masjid Miftahul Jannah, personel Satuan Binmas Polres Bangka Barat juga melakukan edukasi, sosialisasi protokol kesehatan sekaligus membagikan bantuan beras 50 paket kepada warga membutuhkan.

Menurut Kepala Satbinmas AKP Edwar, kegiatan bakti sosial itu ditujukan kepada warga yang benar-benar membutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Edwar menjelaskan bantuan disalurkan langsung oleh personel Satbinmas Polres Bangka Barat dari rumah ke rumah 50 kepala keluarga yang sebelumnya sudah didata dan benar-benar membutuhkan bantuan tersebut.

"Kita salurkan 50 paket semoga bermanfaat, dalam penyaluran bantuan itu juga kami tekankan agar warga tetap patuh dan disiplin protokol kesehatan dan menjalankan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 agar bisa kembali ke zona hijau," katanya.

Selain itu, warga juga diingatkan pentingnya mendapatkan suntikan vaksinasi COVID-19 untuk mempercepat terwujudnya kekebalan kelompok terhadap virus itu.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021