Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), telah menerima ribuan naskah soal ujian nasional (UN) tingkat SMP/MTS/SLB dan Paket B dari Kementerian Pendidikan.

"Saat ini, ratusan paket naskah UN dalam kondisi baik dan sudah dititipkan di Polda, untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan soal ujian tersebut," kata Kasi SMP Dinas Pendidikan Kepulauan Babel, Harun di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan, jumlah lembaran soal UN ini disesuaikan dengan jumlah peserta UN  SMP/MTS/SLB dan Paket B sebanyak 19.215 siswa tersebar di Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang.

"Pembuatan dan pencetakan soal UN ini dari pemerintah pusat, kami hanya menyiapkan pendistribusian soal ke kabupaten/kota," ujarnya.

Ia mengatakan, pendistribusian soal UN ke kabupaten/kota akan dilakukan pada Kamis (30/4) dan penempatan soal dititipkan di polres dan polsek kabupaten dan kecamatan se-Babel.

"Soal UN ini akan didistribusikan ke sekolah-sekolah pada hari H pelaksanaan UN yaitu pada Senin (4/5) hingga Kamis (7/5). Sekitar pukul 06.00 WIB pihak sekolah sudah harus mengambil soal UN di polres dan polsek," ujarnya.

Menurut dia, pengamanan soal ujian ini dilakukan secara ketat untuk mencegah kebocoran, sehingga tidak ada lagi isu-isu soal bocor yang akan mengganggu konsentrasi peserta UN.

"Kami menjamin keamanan soal UN ini, sehingga peserta UN tidak perlu lagi percaya dengan isu kebocoran soal ini," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015