Berdasarkan data dari Satuan Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sasaran penerima vaksin COVID-19 di daerah itu ada 255.162 orang.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Senin mengatakan, sasaran vaksinasi COVID-19 bagi 255.162 orang itu terdiri dari usia minimal usia 12 tahun sampai usia lanjut yang tersebar di delapan kecamatan.

realisasi layanan vaksin dari ribuan sasaran tersebut kata Boy Yandra, tercatat sampai hari ini untuk vaksin dosis pertama sebanyak 83.107 orang dan vaksin dosis kedua 45.064 orang.

"Untuk menjangkau layanan vaksin, gerakan layanan vaksin masih terus dilakukan oleh petugas kesehatan termasuk juga layanan yang sama di lakukan oleh TNI dan Polri serta organisasi masyarakat," jelasnya.

Boy Yandra mengingatkan warga usia wajib vaksin yang belum divaksin untuk segera ke pusat layanan vaksin baik yang diselenggaran pemerintah daerah maupun TNI Polri maupun lembaga lain.

"Pemerintah daerah melalui dinas kesehatan mengecarkan pemberian vaksinasi bagi pelajar tingkat SMP dan SMA sederajat guna mempersiapkan belajar tatap muka," katanya.

Vaksinasi dibutuhkan untuk menekan kasus penularan dari berbagai jenis trasmisi, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh termasuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19.

Seseorang yang mendapatkan vaksin COVID-19 juga dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, terutama kelompok yang sangat berisiko, seperti lansia di atas 70 tahun.

"Hanya saja kata dia, meskipun sudah mendapat vaksin dan terbentuk kekebalan spesifik tubuh tetapi penerapan prokes menjadi perihal penting yang harus dilakukan," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021