PT Timah Tbk memberikan bantuan sebanyak 55 unit rumpon atau rumah ikan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Bantuan rumpon ini selanjutnya akan ditanam di empat lokasi wilayah tangkap ikan para nelayan. Ini akan bermanfaat karena memudahkan nelayan mendapatkan ikan," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Rabu.

Menurut dia, bantuan rumpon untuk nelayan yang biasa bersandar di Pantai Selepuk, Desa Airlintang, Tempilang tersebut sudah cukup lama direncanakan dan baru bisa direalisasikan saat ini.

Penurunan rumpon di empat lokasi yang biasa menjadi tempat menangkap ikan para nelayan setempat tersebut dilakukan tim penyelam dari PT Timah bersama nelayan Pantai Selepuk.

"Kegiatan ini merupakan program yang sudah lama didiskusikan. PT Timah memiliki komitmen kuat salah satunya di bidang kelautan dan perikanan melalui program CSR," katanya.

Menurut dia, pemberian bantuan rumpon ini akan bermanfaat dalam upaya pemberdayaan nelayan dan langkah ini patut mendapatkan apresiasi positif dari seluruh pihak.

Rumpon merupakan salah satu jenis alat bantu yang dipasang di dasar laut, dibuat sedemikian rupa sehingga menarik ikan berkumpul dan akan memudahkan nelayan menangkap ikan.

"Mari bersama kita jaga rumpon ini dan dapat digunakan sebaik-baiknya. Jika memungkinkan bisa diperluas lokasi dan jumlahnya diperbanyak agar semakin membantu masyarakat sekitar," katanya.

Pelaksana Tugas Camat Tempilang, Siswo mengatakan bantuan, rumpon tersebut salah satu bentuk kepedulian nyata dari PT Timah untuk masyarakat nelayan Desa Airlintang.

"Rumpon ini sangat penting sebagai rumah ikan, bisa menambah hasil tangkapan para nelayan, apalagi jika kondisi cuaca yang kurang mendukung, sedikit banyak berpengaruh terhadap hasil tangkapan ikan," kata Siswo.

Dengan bantuan langsung kepada warga nelayan tersebut diharapkan terjalin silaturahim antara perusahaan dengan warga dan salah satu perusahaan milik negara tersebut akan semakin peduli dan maju dalam mengembangkan bisnis.

Penyerahan bantuan secara simbolis dari PT Timah diterima Wakil Bupati Bangka Barat yang selanjutnya diserahkan kepada para nelayan pesisir Pantai Selepuk untuk ditanam di lokasi yang sudah ditentukan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021