PT Timah (Persero) Tbk Bangka Belitung menyerahkan buku tabungan dana kompensasi bagi ratusan warga atau nelayan di Bedukang Kabupaten Bangka di wilayah aktivitas penambangan biji timah kapal isap produksi (KIP) milik perusahaan tersebut.

Kepala Unit Produksi Wilayah (UPW) PT Timah (Persero) Tbk Rian Andre di Riau Silip, Jumat mengatakan buku tabungan dana kompensasi bagi warga di wilayah kegiatan penambangan biji timah KIP merupakan upaya perusahaan membantu meringankan kebutuhan warga yang terdampak penambangan terutama saat pandemi COVID-19.

"Dengan buku dana tabungan dipercayakan melalui di Bank SumselBabel itu, penyalurannya akan lebih cepat karena langsung dikirim melalui rekening masing-masing penerima dengan jumlah nilai yang sudah ditetapkan," katanya.

Dana kompensasi adalah sebuah dana yang disediakan oleh perusahaan atau organisasi untuk membayar orang yang telah menderita kerugian atau kesulitan akibat aktivitas perusahaan atau organisasi.

Selain memberikan bantuan buku tabungan untuk dana kompensasi penambangan kata dia, pihaknya juga memberikan layanan vaksinasi bagi warga yang sama serta penyaluran paket sembako.

"Terdata sebanyak 110 target sasaran vaksin yang kami sediakan untuk warga Bedukang Bangka serta pembagian 300 paket sembako," jelasnya.

Sementara Bupati Bangka Mulkan mengapresiasi PT Timah yang pembagian buku tabungan dana kompensasi dan penyaluran sembako termasuk layanan vaksinasi karena dianggap membantu sekali kebutuhan warganya.

"Bantuan sosial PT Timah tersebut merupakan gerakan kolaborasi dengan pemerintah Kabupaten Bangka dalam upaya mempercepat penanganan masalah sosial baik kebutuhan pangan dan layanan vaksinasi," katanya.

Bupati berharap, gerakan sosial PT Timah dapat mendorong perusahaan swasta di daerahnya untuk melakukan hal serupa karena penyelesaian sosial masyarakat harus dilakukan secara bersama-sama antara pemerintah dan swasta.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021