Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima bantuan vaksin Pfizer atau BNT162b2 dari Kementerian Kesehatan RI sebanyak 46.800 dosis guna mendukung percepatan capaian vaksinasi di daerah itu.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Senin mengatakan, bantuan vaksin jenis Pfizer sebanyak 46.800 dosis tersebut akan segera disalurkan ke masyarakat wajib vaksin yang belum mendapat layanan vaksinasi baik dosis pertama dan vaksin dosis kedua.

"Saya optimis dengan penambahan bantuan vaksin tersebut selain vaksin jenis lainnya yang diberikan ke masyarakat usia wajib vaksin akan membantu mempercepat capaian target 70 persen sasaran hingga akhir 2021 dari total sasaran penerima vaksin sebanyak 255.161 orang," jelasnya.

Di Bangka Belitung kata Boy Yandra, bantuan ribuan dosis vaksin jenis Pfizer hanya pemerintah Kabupaten Bangka yang mendapatkan dari Pemerintah Pusat. 

Vaksin Pfizer atau BNT162b2 adalah vaksin untuk mencegah infeksi virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19. Vaksin Pfizer merupakan hasil kerja sama perusahaan bioteknologi Jerman, BioNTech dengan perusahaan farmasi asal Amerika, Pfizer. 

Vaksin Pfizer adalah vaksin "messenger RNA" (mRNA), jenis vaksin ini akan memicu sistem sistem kekebalan tubuh membentuk spike protein, yang nantinya akan membantu tubuh membentuk antibodi yang dapat melawan virus Corona.

Untuk mempercepat capaian target sasaran vaksinasi kata dia, pemerintah Kabupaten Bangka melakukan berbagai strategi mulai dari layanan turun langsung ke masyarakat atau jemput bola sampai membuka layanan vaksinasi wisata yang melibatkan pihak TNI Polri dan organisasi kemasyarakatan.

Menurutnya, prosentase masyarakat yang sudah mendapat layanan vaksin terus meningkat. Capaian vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 43.08 persen atau sebanyak 109.927 orang, vaksin dosis kedua 23.76 persen atau 60.624 orang dan layanan vaksin booster khusus tenaga kesehatan mencapai 75.1 persen atau 2.273 orang.

"Saya minta masyarakat usia wajib vaksin yang belum menerima layanan vaksin segera mendaftar di pusat kesehatan atau datang langsung ke gerai vaksinasi terdekat dengan membawa dokumen KTP," jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Bangka memberikan kemudahan bagi masyarakat mendapatkan vaksin COVID-19 yang disesuaikan dengan ketersediaan  jenis vaksinnya.

Meningkatnya grafik layanan vaksinasi sampai ketingkat desa, dibuktikan dengan temuan kasus COVID-19 harian yang menurun serta semakin bertambahnya angka kesembuhan pasien.

"Angka kesembuhan pasien COVID-19 yang mencapai 98.04 persen atau sebanyak 9.177 orang dari total pasien 9.722 orang," kata Boy Yandra yang menjabat Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021