Koba (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap pemilihan kepala daerah (Pilkada) berjalan tanpa masalah hukum.

"Kami berharap Pilkada jauh dari masalah dan tahapan berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan," kata Divisi Bidang Data Informasi Perencanaan dan Keuangan pada KPU Bangka Tengah, Marhaendra di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, Pilkada di Bangka Tengah akan digelar pada Desember 2015 dan sekarang sudah mulai melakukan pra tahapan pemilihan kepala daerah.

"Tentu kami mengharapkan dukungan berbagai pihak agar Pilkada berjalan aman dan lancar, sehingga tidak ada masalah hukum atau gugatan," ujarnya.

Ia mengatakan, beberapa kali pelaksanaan Pilkada langsung di daerah itu berjalan lancar dan tidak ada gugatan yang menghambat proses pelantikan calon terpilih.

"Hasil Pilkada sebelumnya tentu menjadi bahan evaluasi bagi kami, termasuk pemilihan anggota legislatif dan Pilpres beberapa waktu lalu," ujarnya.

Ia menjelaskan, sekarang ini pihak KPU Bangka Tengah sudah membentuk Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Anggota PPK dan PPS sudah terbentuk, untuk PPK masing-masing anggotanya lima orang setiap kecamatan dan PPS sebanyak tiga orang setiap desa," ujarnya.

Ia mengatakan, PPK dan PPS mulai bekerja pada Juni 2015 dan mereka harus mengikuti bimbingan teknis agar lebih menguasai tugas dan tanggungjawab.

"Sementara NPHD sudah ditandatangan, sekarang sedang dalam proses pencairan dana," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015