Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Indonesia dan Amerika Serikat berharap hubungan baik yang telah terjalin selama ini bisa terus ditingkatkan.

Airlangga berkenaan dengan pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di sela pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim ke-26 (KTT COP26) pada 1-2 November, di Glasgow, Skotlandia, menyatakan kedua negara, baik Indonesia dan AS berharap hubungan baik yang selama ini terjalin bisa terus ditingkatkan.

Airlangga dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, menyampaikan baik Indonesia maupun AS, sama-sama berharap hubungan baik yang terjalin akan membawa manfaat bagi kedua negara.

Adapun dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Joe Biden, terdapat sejumlah hal yang menjadi pembahasan, antara lain pembahasan soal geopolitik Indo-Pasifik, kerja sama bidang kesehatan Indonesia-AS, pentingnya memperkuat kerja sama ekonomi terutama pengembangan ekonomi hijau, pembahasan perubahan iklim, hingga presidensi atau keketuaan Group of Twenty (G20) Indonesia.

Selain Airlangga, turut mendampingi Presiden dalam pertemuan bilateral dengan Joe Biden, yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021