Satuan Gugus Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat pasien aktif di daerah itu kini tersisa delapan orang yang tersebar di empat kecamatan.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Boy Yandra di Sungailiat, Rabu mengatakan delapan pasien aktif yang tersisa dan masih menjalani proses pemulihan kesehatan itu, dari Kecamatan Sungailiat lima orang, Puding Besar, Riau Silip serta Kecamatan Belinyu, masing-masing satu orang.

"Delapan pasien aktif itu sekarang menjalani proses pemulihan kesehatan secara intensif, baik di balai isolasi yang disediakan pemerintah daerah maupun di rumah sakit rujukan pasien COVID-19," katanya.

Selain masih terdapat delapan pasien aktif, kata Boy Yandra, terdapat empat kecamatan lainnya yang dinyatakan nihil sebaran kasus COVID-19, yakni Bakam, Merawang, Pemali dan Kecamatan Mendo Barat.

"Empat wilayah kecamatan tersebut tidak ada kasus aktif karena semua pasien yang positif sudah sembuh," katanya.

Dia optimistis Kabupaten Bangka segera masuk ke zona aman karena terus menurunnya temuan kasus di wilayah kecamatan serta meningkanya jumlah warga yang menerima suntikan vaksin.

Data perkembangan kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka, total warga yang terkonfirmasi COVID-19 mencapai 9.815 orang, 9.444 orang sembuh dan meninggal dunia 363 orang serta delapan pasien aktif.

Realisasi cakupan vaksinasi dosis pertama untuk semua kelompok usia wajib vaksinasi 156.376 orang atau 61,29 persen dari total 255.161 sasaran dan dosis kedua 125.640 orang atau 45,24 persen dari total sasaran.

"Untuk mencapai target minimal 70 persen hingga akhir Tahun 2021, pemerintah daerah bersama TNI, Polri, BIN, parpol dan ormas terus memaksimalkan layanan vaksin dengan membuka puluhan gerai vaksin setiap harinya," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021