Sebanyak 250 orang prajurit Angkatan Darat (AD) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendonorkan darah dalam memperingati Hari Juang TNI AD dan HUT ke-36 KOdam II/Sriwijaya, guna memenuhi kebutuhan darah pasien di rumah sakit yang tinggi.

"“Kegiatan hari ini sebagai bentuk rasa kemanusiaan TNI dalam membantu PMI memenuhi kebutuhan darah masyarakat," kata Danrem 045/Garuda Jaya Brigjen Jangkung Widyanto di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan bakti sosial donor darah dalam memperingati Hari Juang TNI AD dan HUT ke-36 KOdam II/Sriwijaya Korem 045 mengerahkan 250 personel, sehingga dapat memaksimalkan stok darah untuk memenuhi kebutuhan darah pasien di rumah sakit.

"Prajurit yang mengikuti donor darah ini terbagi dalam tiga lokasi pelaksanaan donor, yakni di Makorem sendiri 150, sisanya Kodim 0431 Bangka Barat, dan Kodim 0414 Belitung," katanya.

Ia berharap apa yang dilakukan keluarga besar Korem 045/Gaya bisa membantu kebutuhan darah masyarakat yang ada di Bangka Belitung.

Wakil Gubernur sekaligus Ketua PMI Babel, Abdul Fatah mengucapkan terima kasih atas respon cepat Danrem 045/Garuda Jaya untuk melaksanakan kegiatan donor darah.

“Luar biasa dan terima kasih respon Danrem untuk kegiatan donor ini, karena sebenarnya ide ini saya usul pada saat Apel Kesiapsiagaan Bencana Selasa pagi. Namun, Selasa siangnya saya dihubungi staf saya bahwa ada surat masuk dari Korem untuk donor darah,” katanya.

Ia merasa bersyukur atas target yang ditargetkan Danrem yaitu sebanyak 250 kantong darah. Jika target ini tercapai tentu akan menjadi rekor donor darah terbanyak dalam 2021. 

"Kami berharap kegiatan donor darah ini, bisa rutin dilakukan oleh Korem 045/Gaya dalam 3 bulan sekali, dan bisa mengajak lebih banyak lagi unsur yang terlibat, karena kita tahu setetes darah yang kita donorkan adalah napas bagi mereka yang membutuhkan,” katanya.  **3**

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021