Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfokuskan kegiatan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Bangka dan Bangka Selatan, karena capaian vaksinasi di dua kabupaten tersebut masih di bawah target nasional.

"Saya tegaskan seluruh jajaran pemangku kepentingan tingkat kabupaten/kota untuk meningkatkan capaian vaksinasi Covid-19, minimal 75 persen pada akhir 2021," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan Provinsi Kepulauan Babel merupakan salah satu provinsi yang capaian vaksinasi Covid-19 mencapai 73,75 persen atau sudah di atas target nasional yaitu 70 persen.

"Pencapaian vaksinasi sudah baik, namun masih ada dua kabupaten yang capaian vaksinasi di bawah target nasional yaitu Bangka 64,75 persen dan Bangka Selatan 69,73 persen," ujarnya.

Ia meminta seluruh instansi dan pemangku terkait untuk segera gencarkan vaksinasi secara massal khususnya di kabupaten capaian vaksinasi yang masih di bawah target nasional, mengingat varian Omicron sudah masuk ke Indonesia.

"Varian tersebut memiliki daya tular tiga kali lebih cepat dibanding varian Delta. Oleh karena itu, kita harus bergerak cepat mencegah dan mengendalikan masuknya virus Covid-19 Varian Omicron di daerah ini," katanya.

Kapolda Kepulauan Babel Irjen Pol Yan Sultra Indrajaya mengatakan peningkatan capaian vaksinasi di Babel bukan hanya menjadi tanggung jawab gubernur, kapolda, ataupun Danrem maupun yang lain, tetapi ini tanggung jawab seluruh pihak demi kesehatan masyarakat, agar mereka dapat beraktivitas seperti sedia kala.

"Ini bukan perintah kami, ini perintah Bapak Presiden Joko Widodo, kita harus patuhi program pemerintah. Hilangkan segala perbedaan, mari kita bersama-sama bergerak satu tujuan. Ini untuk kepentingan masyarakat kita semua," tegasnya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021