Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggandeng Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Pangkalpinang dalam menyukseskan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Belitung Timur, Yulhaidir, Selasa mengatakan kerja sama dalam menjalankan program JKN dilaksanakan secara rutin setiap tahun.

"Kita sudah melakukan penandatanganan kesepakatan untuk rencana kerja dan ini dilakukan setiap tahun, namun untuk nota kesepakatannya dilakukan per tiga tahun," jelasnya.

Yulhaidir mengatakan, terkait rencana kerja dalam penyelenggaraan program JKN akan dilakukan evaluasi data secara keseluruhan.

"Setiap bulan akan dilakukan rekonsiliasi data oleh pengelola program di JKN bersama dengan instansi terkait dan untuk data besar akan dilakukan per tig bulan," jelasnya.

Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang, Rudy Widjajadi mengatakan, data kepesertaan secara nasional untuk JKN sudah tercakup kurang lebih 224 juta jiwa atau 83 persen.

"Khusus di Kabupaten Belitung Timur sudah tercakup 96,48 persen dari jumlah penduduk," ujarnya.

Menurut dia, program JKN di Belitung Timur sudah tergolong baik dan menjadi prestasi daerah karena sesuai dengan RPJMN dari pemerintah diharapkan pada 2024 sudah tercakup 98 persen dari jumlah penduduk.

"Kami berharap depan dengan kolaborasi dan sinergitas yang baik, masyarakat Belitung Timur bisa tercakup semua sehingga tidak ada permasalahan khususnya untuk JKN," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2021