Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan armada bus untuk mengantisipasi terjadinya kemungkinan penumpukan penumpang di Pelabuhan Tanjungkalian Muntok pada saat arus mudik Lebaran 2015.

"Kami telah menyiapkan satu unit bus milik pemkab yang akan melayani jika nanti ada penumpang yang tidak terangkut oleh kendaraan umum," ujar Kepala Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Rozali, di Muntok, Senin.

 Selain armada bus milik pemerintah setempat, kata dia, beberapa waktu lalu pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan pengelola bus Damri agar perusahaan tersebut menyiapkan kendaraan tambahan selama arus mudik Idul Fitri 1436 Hijriah berlangsung.

"Kami juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Babel terkait kemungkinan penambahan jumlah armada bus angkutan untuk melayani para pemudik," katanya.

Menurut dia, berbagai langkah tersebut dilakukan agar pada saat terjadi puncak arus mudik dan balik seluruh penumpang bisa diangkut dari Pelabuhan Tanjungkalian Muntok menuju seluruh kabupaten tujuan penumpang.

"Jangan sampai para penumpang kapal cepat dan kapal feri yang baru tiba dari Pulau Sumatera telantar atau tidak terangkut bus angkutan menuju tujuan masing-masing," katanya.

Ia berharap, selama berlangsungnya arus mudik dan balik yang melewati daerah itu bisa berjalan lancar dan tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

"Kami akan berupaya sekuat tenaga ikut menyukseskan arus mudik sehingga para pemudik bisa berlebaran di tujuan masing-masing dengan baik," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015