Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan optimis perekonomian masyarakat  tahun 2022 segera pulih setelah menurun akibat pandemi COVID-19 selama dua tahun.

"Saya cukup optimis, tahun ini perekonomian masyarakat kembali pulih setelah sempat menurun akibat pandemi COVID-19," katanya di Sungailiat, Minggu.

Indikator mulai pulihnya perekonomian masyarakat kata dia, dilihat dari harga komoditi yang meningkat seperti karet, tandan buah segar kelapa sawit yang mencapai lebih Rp2.500 per kilogram di tingkat petani dan juga mahalnya harga biji timah mencapai Rp200 ribu per kilogram.

Mulkan mengakui, selama pandemi COVID-19 berdampak pada meningkatnya angka kemiskinan dari sebelum terjadinya wabah virus corona hanya empat persen menjadi 5,2 persen dari kurang lebih 300.000 jumlah penduduk.

"Indikator lainnya nampak dari aktivitas transaksi di pasar yang cukup ramai bahkan sempat terjadi kelangkaan beras kapasitas lima kilogram," katanya.

Pertumbuhan usaha masyarakat sektor UMKM juga meningkat hingga mencapai ribuan dengan berbagai jenis usaha tersebar di delapan kecamatan.

"Saya mengajak seluruh masyarakat dapat membeli produk dari pelaku UMKM lokal guna mendorong pertumbuhan sektor itu," jelasnya.

Sektor UMKM merupakan salah satu sektor usaha masyarakat yang berperan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022