Dinas Tenaga Kerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengajak seluruh perusahaan yang ada di Bangka Belitung untuk dapat merayakan peringatan Bulan K3 yang ditetapkan pada 12 Januari hingga 12 Februari 2022.

"Di rentan waktu 12Januari - 12 Februari itu perusahaan dapat memperingati Bulan K3 dengan memasang umbul-umbul, menggelar apel bersama, mengadakan lomba sesama internal kantor atau mengajak warga dilingkungan sekitar perusahaan untuk mengenalkan Bulan K3 kepada masyarakat," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Babel, Elfiyena di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan, dengan memperingati Bulan K3 diperusahaan, hubungan kerja sesama karyawan akan lebih harmonis. Dan bila mengenalkan Bulan K3 kepada masyarakat, komunikasi antar perusahaan dengan warga sekitar lebih akrab.

"Sosialisasi ke perusahaan terkait peringatan Bulan K3 sudah kita lakukan bahkan perusahaan-perusahaan juga sudah kita surati untuk dapat melaksanakan Peringatan Bulan K3 ini," ujarnya.

Dalam waktu dekat ini Dinas Tenaga Kerja Babel juga turut memperingati Bulan K3 pada 26 Januari mendatang di halaman Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Babel dengan serangkai kegiatan yang dimulai dari apel bersama, aksi donor darah, cek kesehatan gratis, bazar UMKM dan simulasi pemadam kebakaran. 

"Kegiatan ini kita gelar untuk menyemarakkan peringatan Bulan K3 sekaligus untuk mempererat hubungan kerja antar sesama pegawai maupun karyawan perusahaan," ujarnya.

Elfiyena menambahkan, terkait peringatan Bulan K3, Dinas tenaga kerja Babel juga akan terus melakukan pengawasan terhadap perusahaan-perusahaan agar semua tenaga kerja mendapatkan hak perlindungan selama bekerja.

"Semua perusahaan rata-rata sudah menerapkan K3. Meski belum optimal semuanya, namun pengawasan terus kami lakukan. Sedangkan kecelakaan kerja di Babel ini tidak terlalu banyak, namun semua perusahaan wajib mendaftarkan karyawan menjadi peserta BPJS tenaga kerja," ujarnya.*

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022