Muntok (Antara Babel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung menyatakan seluruh tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati memenuhi persyaratan administrasi pendaftaran peserta Pilkada 2015.

"Tiga pasangan calon yang sudah mendaftar persyaratan administrasinya sudah lengkap, meskipun ada beberapa yang harus segera disusulkan," kata Komisioner KPU Kabupaten Bangka Barat, Harpandi di Muntok, Selasa.

Ia mengatakan, tiga pasangan calon yang diusung partai politik yang memiliki kursi di DPRD kabupaten setempat semuanya sudah mendaftarkan diri dan menyerahkan berkas sesuai jadwal tahapan pendaftaran.

Menurut dia, seluruh pasangan calon sudah memenuhi syarat seperti yang sudah diatur dalam Peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2015 dan PKPU Nomor 9 Tahun 2015.

"Mereka sudah mengisi dan menyerahkan berkas yaitu formulir model B-kwk, B-1, B-2, B-3, salinan kepengurusan partai politik," kata dia.

Ia menerangkan, tiga pasangan bakal calon peserta Pilkada 2015 tersebut masing-masing pasangan Sukirman-Safri yang diusung Partai Nasdem, Partai Demokrat, Partai Gerindra dan PBB, kemudian pasangan Parhan Ali-Markus diusung PDIP, Partai Hanura dan PAN yang mendaftar pada Senin (27/7).

"Hari ini pasangan Zuhri M Syazali-Syaiful Fakah yang diusung satu partai yaitu PKS juga sudah mendaftarkan diri sekaligus menyerahkan berkas," kata dia.

Ketua Panwaslu Kabupaten Bangka Barat, Ujang Adhari, mengatakan seluruh proses pada tahapan pendaftaran sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Memang masih ada beberapa berkas yang harus dilengkapi, misalnya penggandaan atau foto persyaratan dan formulir, namun secara keseluruhan sudah sesuai aturan yang berlaku dan tidak ada permasalahan yang bisa menggagalkan pasangan tersebut mengikuti tahapan selanjutnya," kata dia.

Ketaatan aturan tersebut diharapkan selalu dijalankan para pasangan calon dalam mengikuti setiap tahapan sehingga pelaksanaan Pilkada 2015 berjalan dengan baik dan sukses.   

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015