Pangkalpinang, 9/4 (Antara) - Letkol Laut (P) Iwa Kartiwa resmi menjabat sebagai Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bangka Belitung (Babel) sejak Selasa, menggantikan Letkol Laut (P) I Andrianto.

Serah terima jabatan Danlanal Babel tersebut dilakukan di halaman Kantor Gubernur Babel di Pangkalpinang dan dipimpin oleh Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Brigjen TNI (Mar) Ikin Sodikin.

Danlantamal III Brigjen TNI (Mar) Ikin Sodikin menyatakan sertijab merupakan bagian integral dari sistem pembinaan personel sebagai penyegaran organisasi dalam rangkat "tour of duty" dan "tour of area" yang selalu dilakukan oleh organisasi yang menginginkan adanya kemajuan.

"Sertijab merupakan proses kesinambungan kepemimpinan dan pengembangan karir perwira yang bersangkutan untuk memberikan pengalaman dalam menghadapi berbagai bentuk tugas dan tanggung jawab yang lebih besar, sehingga diharapkan kemampuannya secara optimal sesuai dengan dinamika dan tantangan tugas yang dihadapi," kata Brigjen TNI Ikin Sodikin.

Ia menjelaskan Lanal Babel memiliki wilayah laut yang strategis, untuk itu pengamatan dan pemantauan serta operasi keamanan laut perlu dilaksanakan secara terus menerus oleh jajaran Lanal Babel dalam rangka mengikis kerawanan di laut.

"Hal tersebut perlu dilakukan untuk menegakkan hukum sehingga keberadaan TNI-AL sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata dia.

Brigjen Ikin juga mengingatkan ke depan, Lanal Babel akan dihadapkan kepada tantangan-tantangan yang semakin kompleks antara lain masalah keterbatasan sumberdaya dan fenomena-fenomena baru yang kritis, khususnya di era informasi dan globalisasi dengan segala aspeknya.

"Dalam upaya menghadapi tantangan tersebut, Komandan Lanal Babel kita minta perlu mengadakan langkah-langkah efisiensi sasaran secara cermat, serta perlu adanya koordinasi, kerja sama dan hubungan yang baik dengan aparat TNI dan Polri, Pemda, serta masyarakat guna tercapainya pelaksanaan fungsi dan tugas pokok Lanal Babel," kata dia.

Melalui sertijab, Danlantamal III berharap agar amanat dan kepercayaan yang diberikan dapat mendorong motivasi, kreativitas dan dedikasi serta loyalitas yang tinggi bagi terwujudnya Lanal Babel yang lebih baik.

Setelah tidak lagi menjabat Danlanal Babel, Letkol Laut (P) I Andrianto akan menjabat sebagai Dansatbanarmbar.

Upacara sertijab Danlanud Babel tersebut dihadiri Sekda Babel Imam Mardi, serta Danrem 045 Garuda Jaya Kolonel Inf Didied Pramudito, dan Kapolda Brigjen Pol Budi Hartono Untung.

Pewarta: Pewarta: Ida Nurcahyani

Editor : Ida


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013