Suasana perayaan malam Tahun Baru Imlek 2573 Kongzili di Kelenteng Hok Tek Che Tanjung Pandan, Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, tampak sepi dikarenakan situasi masih berada di tengah pandemi COVID-19.

"Karena pandemi COVID-19 masih berlangsung sehingga sebagian masyarakat memilih bersembahyang di rumah," kata Ketua Harian Kelenteng Hok Tek Che, Loku di Tanjung Pandan, Senin malam.

Menurut dia, guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 pihak kelenteng mewajibkan para jemaat yang akan bersembahyang untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Kami mewajibkan masyarakat yang hendak bersembahyang untuk memakai masker, mencuci tangan dan mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan sembahyang," ujarnya.

Ia mengatakan, selain itu, Kelenteng Hok Tek Che juga meniadakan pentas hiburan berupa penampilan barongsai menyambut Tahun Baru Imlek 2573 guna mengantisipasi terjadinya kerumunan masyarakat.

"Tahun ini merupakan tahun ketiga tidak ada pertunjukan barongsai gua menyambut Tahun Baru Imlek 2573 karena pandemi COVID-19 masih berlangsung," katanya.

Ia menambahkan, malam Tahun Baru Imlek 2573 dirayakan dengan sederhana namun tetap penuh dengan makna.

"Kami berharap di tahun yang baru pandemi COVID-19 segera berkahir dan kehidupan dapat kembali normal," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022