Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membuka sekolah kewirausahaan khusus untuk kalangan perempuan agar bisa mandiri dan terlatih.

"Kita sudah mendapatkan sebanyak 100 calon siswa, setelah Idul Fitri nanti mereka sudah mulai belajar terkait dengan kewirausahaan," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA) Kabupaten Belitung Timur Lisa Melinda di Manggar, Jumat.

Ia menjelaskan sekolah perempuan ini untuk meningkatkan ekonomi keluarga dengan mengembangkan usaha yang digeluti kalangan tersebut.

"Pelaku usaha kecil di daerah ini kebanyakan kalangan perempuan dalam bentuk industri perumahan yang menjalankan usaha secara tradisional, dengan sekolah perempuan mereka diajarkan bagaimana mengembangkan usaha secara profesional," katanya.

Ia mengatakan sekolah perempuan yang diberi nama Sekuntum Melati ini nanti menjadi satu-satunya sekolah perempuan yang kurikulumnya terkait dengan pengembangan bisnis.

"Terutama mereka harus mampu menguasai bisnis dengan memanfaatkan teknologi digital, sesuai dengan tuntutan zaman," katanya.

Sekolah khusus perempuan ini untuk tahap awal tidak dipungut biaya. Sebanyak 100 orang yang lolos seleksi itu bisa bersekolah secara gratis.

"Saat ini kami sedang menyusun kurikulum, persyaratan pokok lainnya sudah kita penuhi," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022