Harga Daging Sapi di Pasar Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami kenaikan dari Rp140.000 perkilogram menjadi Rp160.000 sejak beberapa hari ini.

"Kenaikan harga ini karena pasokan dari Lampung yang menjadi penyuplai daging sapi di pasar Toboali mengalami kenaikan,"kata KBO Satreskrim Polres Basel, Ipda M Syah kepada wartawan saat melakukan pengecekan beberapa bahan pokok di pasar Toboali, Kamis (22/03).

Disampaikannya selain mengecek harga pihaknya juga ingin mengetahui stok atau persediaan bahan pokok menjelang Bulan Suci Ramadhan Tahun 2022 ini.

"Berdasarkan pantauan dilapangan tadi  mayoritas harga bahan pokok tidak mengalami kenaikan dan stok relatif aman,hanya daging sapi yang mengalami kenaikan,"kata dia.

Menurut M.Syah untuk mengantisipasi kenaikan harga diatas harga eceran tertinggi ini pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah khususnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan. 

"Kita akan koordinasi dengan pihak dari Dinas terkait untuk mencari solusi permasalahan ini,pengecekan juga akan dilakukan bertahap mulai dari awal bulan puasa hingga menjelang lebaran nanti,"katanya. 

Dirinya menjelaskan pengecekan harga dan ketersediaan bahan pokok ini dilakukan beberapa pasar agar dapat hasil yang maksimal serta dapat menjadi bahan pertimbangan.

"Beberapa pasar yang kita tinjau tadi diantaranya pasar tradisional Toboali yang berada di Jalan H.Agus Salim dan pasar yang berada di terminal Toboali jalan A.Yani,"katanya.

Salah satu pedagang pasar Toboali, Imron mengatakan hanya daging yang mengalami kenaikan sementara bahan lain belum ada kenaikan harga yang signifikan di pasar ini dan masih nampak stabil.

"Untuk harga telur satu butir masih Rp1600, per butir, cabe besar juga masih Rp6000 sedangkan cabe kecil Rp8.000 per satu ons lalu bawang merah dan putih masih Rp35 dan Rp30 ribu perkilogram,"kata dia.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022