Hutan Kemasyarakatan (HKM) Seberang Bersatu, Desa Juru Seberang, Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengkampanyekan konversi energi dan penghentian perusakan (deforestasi) hutan guna menyambut pertemuan Menteri Pembangunan G20 pada 7-9 September 2022.

"Para delegasi dijadwalkan akan berkunjung ke HKM Seberang Batu, maka kami mempersiapkan program-program yang berkaitan dengan konversi energi serta lingkungan hidup," kata Ketua HKM Seberang Bersatu Marwandi di Tanjung Pandan, Jumat.

Menurut dia, pertemuan Forum G20 akan membahas sejumlah isu di antaranya meliputi konversi energi, lingkungan hidup, dan perubahan iklim.

Ia mengatakan saat ini HKM Seberang Bersatu memiliki program pembuatan briket arang batok kelapa dengan memanfaatkan limbah batok kelapa yang ditemukan di wilayah itu.

"Pembuatan briket arang batok kelapa merupakan program untuk mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Program ini sebagai kampanye menghentikan deforestasi hutan," ujarnya.

Selain itu, katanya, HKM Seberang Bersatu memiliki program rehabilitasi lahan mangrove kritis atau rusak dengan membuka donasi pelestarian mangrove dan koral.

"Program donasi mangrove dan koral dapat dilakukan melalui aplikasi Donasi Adopsi Mangrove Coral (Si Mangco) yang bisa diunduh di Google Play Store," katanya.

HKMK Seberang Bersatu juga melaksanakan program mitigasi perubahan iklim, seperti sekolah alam dan pendidikan lingkungan hidup bagi para generasi muda.

"Semuanya sedang kami persiapkan dan rapikan dalam rangka menyambut pertemuan Menteri Pembangunan G20 pada 7-9 September 2022," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022