Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memprediksi 1.000 pemudik akan melewati pelabuhan Tanjung Ru mulai H-7 lebaran.

"Kami perkirakan 1.000 pemudik akan melewati pelabuhan Tanjung Ru menggunakan jasa kapal penyeberangan menuju pulau Jawa atau Jakarta dan pulau Bangka menjelang Idul Fitri nanti," kata Kepala Dinas Perhubungan Belitung Ubaidillah di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, Pelabuhan Tanjung Ru menghubungkan Pulau Belitung dengan Jakarta serta Pulau Bangka.

"Saat ini operator yang melayani adalah ASDP untuk rute menuju Bangka. Menjelang Idul Fitri akan ada pengoperasian kapal untuk melayani rute Jakarta - Belitung," ujarnya.

Ia mengatakan, jumlah pemudik pada tahun ini diprediksi mengalami peningkatan dari dua tahun sebelumnya akibat pandemi COVID-19.

Hal ini disebabkan oleh kelonggaran (rileksasi) aturan bagi para pelaku perjalanan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

"Sehingga orang menganggap ini memang diperbolehkan untuk melakukan mudik," ujarnya.

Ia menambahkan, masa cuti bersama Idul Fitri 1443 Hijriah yang cukup panjang mulai 29 April - 6 Mei juga menjadi peluang masyarakat untuk melakukan mudik lebaran 2022.

"Informasi yang beredar bahwa saat ini tiket pesawat sudah habis terjual membuktikan memang jumlah pemudik menggunakan moda transportasi laut akan meningkat," katanya.

Dikatakan dia, puncak arus mudik di daerah itu diprediksi akan berlangsung pada H-3 lebaran sedangkan puncak arus balik berlangsung pada H+5 lebaran.

Dishub Belitung, melakukan persiapan sebaik mungkin dalam memberikan pelayanan kepada pada pemudik di daerah itu.

"Pelabuhan Tanjung Ru sudah bisa dioperasikan setelah sempat direnovasi. Pelabuhan ini merupakan salah satu pintu masuk pemudik dari Jakarta menggunakan moda transportasi laut," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022