Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memastikan pelabuhan penyeberangan Tanjung Ru siap melayani pemudik lebaran 2022.

"Kami pastikan pelabuhan Tanjung Ru sudah siap melayani pemudik pada arus mudik dan balik lebaran nanti karena berbagai fasilitas sudah diperbaiki," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Ubaidillah di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, kesiapan setelah dilakukan renovasi pada Desember lalu meliputi perbaikan sisi darat dan laut pelabuhan Tanjung Ru.

"Sarana dan fasilitas terminal juga tersedia cukup memadai yang memberikan kenyamanan bagi calon penumpang kapal penyeberangan," ujarnya.

Ia mengatakan, Pelabuhan Tanjung Ru menghubungkan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Ibu Kota Jakarta serta Pulau Bangka,

Sementara PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menjadi operator tunggal melayani penumpang antar pulau melalui pelabuhan itu dengan mengoperasikan dua kapal roro yakni KMP Gorare (236 GT) dan KM Menumbing Raya (650 GT) tujuan Pelabuhan Sadai, Bangka Selatan.

"Namun, menghadapi arus mudik dan balik lebaran pada tahun ini akan beroperasi dua kapal roro lagi milik perusahaan swasta guna melayani pemudik rute Jakarta - Belitung atau sebaliknya" ujarnya.

Dirinya mengimbau, kepada para pemudik yang akan melewati pelabuhan Tanjung Ru agar dapat menyiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin.

"Kami memprediksikan puncak arus mudik lebaran tahun ini akan berlangsung pada H-3 lebaran nanti dengan jumlah pemudik mencapai 1.000 orang bahkan lebih," katanya.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022