Muntok (Antara Babel) - Sejumlah tamu dan peserta kegiatan pariwisata tingkat internasional bertajuk "Home Stay Fair 2015" mulai berdatangan di Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengikuti agenda yang akan digelar selama tiga hari tersebut.

"Kami perkirakan seluruh peserta akan datang secara bergelombang hingga malam hari karena besok acara akan dimulai sejak pagi hari," ujar Kepala Bidang Informatika Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Henry Een Firsanto, di Muntok, Kamis.

Ia mengatakan, kedatangan para peserta secara bergelombang karena mereka datang dari daerah dan negara masing-masing tidak bersamaan.

"Kami menyiapkan petugas khusus untuk menjemput para tamu. Mereka dijemput dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang langsung menuju Muntok," kata dia.

Menurut dia, panitia sudah menyiapkan sejumlah kendaraan yang diperhitungkan akan mampu mengangkut seluruh peserta menuju lokasi kegiatan.

Jarak antara bandara menuju Muntok sekitar 130 kilometer atau perjalanan selama tiga jam. "Kami memfasilitasi agar para peserta tidak tersesat atau berlama-lama di perjalanan," kata dia.

Peserta HSF 2015 dari Provinsi Jawa Tengah, Alif Faozi, mengatakan pelayanan dari panitia sejauh ini cukup bagus dan nyaman.

"Kami cukup menikmati perjalanan, meskipun cukup jauh namun tetap nyaman karena jalan raya menuju Muntok cukup mulus," kata dia.

Dia berharap infrastruktur yang sudah terbangun dengan bagus bida menunjang perkembangan pariwisata di daerah itu.

Home Stay Fair 2015 merupakan agenda kegiatan Kementerian Pariwisata yang digelar di Muntok, pada 10 hingga 12 September 2015 akan diikuti sekitar 200 orang dari seluruh provinsi di Indonesia dan perwakilan seluruh negara Asia Tenggara.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015