Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Husein Jais mengajak seluruh umat Muslim di daerah itu tetap menjaga toleransi antar umat beragama.

"Saya mengajak seluruh umat Muslim menjaga sikap toleransi di masyarakat guna tercipta kondisi wilayah yang kondusif," katanya di Sungailiat, Rabu malam saat mengisi kultum shalat tarawih di Masjid Agung.

Sikap dan tindakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab seperti mencela Islam kata dia, hendaknya dihadapi oleh umat Muslim dengan sabar dan berdoa kepada Allah SWT sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad SWA menghadapi orang - orang Yahudi saat itu.

"Bersabar dan berdoa merupakan langkah yang tepat meskipun terkadang cukup menyakitkan menghadapi orang yang suka mencela Islam," katanya.

Dia mengingatkan agar umat Islam di dunia mendoakan saudara - saudara Muslim di Palestina yang saat ini menghadapi tekanan dan kekerasan dari orang - orang Israel.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersyukur dimana pandemi COVID-19 yang menyebar selama dua tahun sudah mulai melandai bahkan shaf dalam shalat berjamaah sudah di perbolehkan rapat.

"Saya yakin, meredanya pandemi COVID-19 tidak lepas dari doa umat Muslim di masjid, di mushola bahkan di rumah - rumah," katanya.

Hanya saja, kata Husein Jais masyarakat harus tetap waspada dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan mencuci tangan serta wajib vaksin.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022