Pangkalpinang (Antara Babel) - Dalam rangka mempererat tali silaturahim sesama anggota maka pengurus Ikatan Keluarga Minang Pangkalpinang (IKMP) berencana menggelar kegiatan halal bihalal di Gedung Hamidah, Kota Pangkalpinang, Sabtu (12/9) malam. Kegiatan yang telah menjadi agenda rutin tahunan ini, diharapkan bisa diikuti seluruh keluarga Minang di Bangka Belitung.

“Kegiatan halal bihalal merupakan ajang silaturahim sekaligus pendataan warga asal Minang yang ada di Bangka Belitung,” kata Ketua IKMP Fauza Achmad, dalam siaran pers kemarin.

Jumlah warga Minang di Bangka Belitung khususnya Pangkalpinang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Profesi yang digeluti juga beragam diantaranya pegawai pemerintah atau swasta, pengusaha, pedagang dan sektor jasa lainnya. Menyikapi hal tersebut maka IKMP telah membangun rumah bercorak Minangkabau yang diperuntukkan sebagai sekretariat, rumah singgah, balai musyawarah dan kedepannya akan dikembangkan menjadi gedung seni dan budaya. “ Seluruh keluarga Minang diperbolehkan memanfaatkan fasilitas ini dengan berkoordinasi ke Call Center IKMP di nomor ; 0853 8352 4646” ujar Fauza Achmad.

Menurut Fauza Achmad, keberadaan orang Minang ikut memberi andil dalam pembangunan dan setiap anggota diminta mengambil peran sesuai kompetensi serta menjaga stabilitas keamanan dan ketentraman di wilayah tempat tinggal masing-masing. “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Kita harus selalu menghargai adat istiadat dan mentaati peraturan daerah tempat di mana kita tinggal,” tambah Fauza.

Ditempat terpisah Ketua Halal Bihalal, Yulizarman yang didampingi sekretaris Yos Sikumbang, menyampaikan bahwa ratusan undangan telah disebarkan dan susunan acara telah dirampungkan sedemikian rupa di antaranya malam kesenian dengan mendatangkan Ucok Simbara penyanyi ternama dari Ranah Minang dan tari-tarian dari sanggar binaan IKMP.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah kota, mudah-mudahan kegiatan ini bisa dihadiri bapak Wali Kota dan kepada seluruh warga Minang Pangkalpinang kami minta untuk beramai-ramai datang ke Gedung Hamidah besok Sabtu (12/9) pukul 19.00 WIB. Pemberitaan ini sekaligus merupakan undangan bagi dunsanak-dunsanak yang belum menerima kertas undangan dari kami ” tambah Yos Sikumbang Putra kelahiran Payakumbuh tersebut.

Pewarta:

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015