Aktivitas keluar masuk penumpang di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Rabu terpantau sepi.

"Aktivitas dalam dua hari ini sepi, baik penumpang orang atau kendaraan yang akan berangkat ke Pulau Sumatera maupun yang datang di Pulau Bangka," kata Kepala Pos Pelayanan Terpadu Pelabuhan Tanjungkalian Iptu Ogan Arif Teguh di Mentok..

Meskipun aktivitas keluar masuk orang dan kendaraan sepi dibandingkan selama sepekan sebelum Lebaran 2022, tim gabungan tetap melakukan pengawasan dan pelayanan kepada para calon penumpang dan warga yang beraktivitas di lokasi tersebut.

"Untuk saat ini sudah memasuki masa arus balik, aktivitas normal. Pada Selasa (3/5) tercatat sebanyak 68 kendaraan roda empat dan satu unit kendaraan roda enam yang diberangkatkan menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Tanjungkalian menuju Tanjungapiapi, Sumatera Selatan," katanya.

Untuk kendaraan yang mengantre di luar kawasan pelabuhan sudah tidak ada karena seluruh kendaraan masih bisa ditampung di dalam terminal tunggu dan secara bertahap diberangkatkan ke Pulau Sumatera.

"Kami imbau masyarakat yang melakukan perjalanan luar daerah agar tetap berhati-hati dan patuhi tata tertib lalu lintas agar bisa bersama-sama menjaga keamanan, ketertiban, keselamatan, dan kelancaran berlalu lintas," katanya.

Sementara itu, Wakapolres Bangka Barat Kompol Andri Eko Setiawan mengingatkan agar seluruh personel tetap disiplin menjalankan tanggung jawab selama berlangsungnya Operasi Ketupat Menumbing 2022,

Operasi ini merupakan rangkaian yang berlangsung hingga arus balik Lebaran 2022 berakhir. Untuk itu tetap tingkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Andri Eko.

Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Menumbing, menurut dia, sampai hari ini sudah berjalan dengan aman dan baik dalam pelayanan kepada para pelaku perjalanan luar daerah, serta mampu meminimalkan terjadinya kecelakaan di jalan raya.

"Kami memberikan apresiasi kepada seluruh personel dan petugas instansi terkait yang terlibat dalam kegiatan ini dan tim gabungan akan terus memberikan pelayanan dan menjalankan tugas dalam pengamanan Operasi Ketupat 2022 di wilayah hukum Polres Bangka Barat," katanya.

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan dalam pelayanan ini berupa patroli rutin siang dan malam yang dilaksanakan personel Satlantas guna mengantisipasi gangguan keamanan, ketertiban masyarakat, memberikan keselamatan, dan ketertiban lalu lintas.

"Sasaran patroli di lokasi rawan dan pusat keramaian, seperti pasar, pusat kota, objek wisata, dan persimpangan jalan," katanya.

Selain melakukan patroli, para personel memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker saat beraktivitas di luar rumah dan tidak berkerumun untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya penularan COVID-19.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022