Sungailiat (Antara Babel) - Sebanyak 120 orang relawan yang aktif mendonorkan darahnya melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerima penghargaan dari organisasi itu.

Menurut Kepala Markas PMI Cabang Kabupaten Bangka Tego di Sungailiat, Kamis, mengatakan penghargaan diberikan kepada 120 orang relawan yang aktif mendonorkan darahnya dalam rangka HUT ke-70 PMI.

"Penghargaan yang kami berikan tidak sebanding dengan darah dari 120 pendonor yang mempunyai nilai tidak terhingga menyelamatkan orang lain," katanya.

Dia mengakui, sampai sekarang pihaknya mengalami kendala mengenai stok darah karena kesadaran masyarakat mendonorkan darahnya masih relatif rendah sedangkan kebutuhan darah cukup banyak.

"Setetes darah yang disumbang pendonor memiliki nilai cukup tinggi karena menyelamatkan orang lain dan perlu diketahui semakin rutin seseorang mendonorkan darahnya maka yang bersangkutan dapat terjaga kesehatannya," katanya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Bangka Mina Tarmizi mengatakan pemberian penghargaan ini sebagai motivasi sehingga tetap aktif mendonorkan darahnya.

"Ini merupakan motivasi bagi kita semua agar dapat mengikuti para relawan mendonorkan darahnya guna kepentingan orang lain," katanya.

Dia berharap, jumlah pendonor darah semakin banyak jumlahnya mengingat kebutuhan darah stok di markas PMI jumlahnya cukup terbatas sehingga mengalami kekurangan pada saat ada yang membutuhkan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015