Sungailiat, Babel (Antara Babel) - Panitia ujian nasional (UN) tingkat SMP/MTs tahun 2013 di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, belum menerima soal ujian ilmu pengetahuan alam (IPA).


"Kami segera berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung untuk mengetahui kepastian soal ujian IPA yang hingga kini belum diterima," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Yunan Helmi di Sungailiat, Senin.


Koordinasi tersebut, kata dia, sangat perlu dilakukan untuk mendapatkan kepastian jadwal datangnya soal ujian yang diduga masih tertahan di Jakarta dengan alasan belum jelas itu.


"Saya harapkan masyarakat dan peserta UN tidak khawatir atau cemas dengan persoalan ini mengingat kejadian serupa juga dialami kabupaten lain di Provinsi Bangka Belitung," jelasnya.


Yunan mengatakan, soal ujian IPA sesuai jadwal UN akan dilaksanakan pada Kamis (25/4) dan diikuti 3.987 siswa SMP dan MTs di seluruh Kabupaten Bangka. Diharapkan sesuai hari pelaksanaan UN soal ujian sudah diterima.


"Saya bersyukur hari pertama pelaksanaan UN tingkat SMP dan MTs berjalan lancar tidak ada halangan sedikit pun, termasuk jam masuk kelas sesuai jadwal yang ditentukan," katanya.


Keterlambatan datangnya soal ujian tersebut, menurut dia, baru pertama kali ini terjadi. Pada tahun-tahun sebelumnya pengiriman soal UN berjalan lancar.


"Kalau dari pihak Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung belum ada kepastiannya, terpaksa saya berangkat ke Jakarta untuk mendapatkan kepastian pengiriman soal UN IPA itu," tegasnya.


Yunan mengatakan, nilai UN SMP/MTs akan didukung dengan nilai ujian sekolah dan akan sangat membantu kelulusan siswa.

Pewarta: Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013