Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memantapkan agenda kepariwisataan daerah setempat guna mendorong meningkatkan kunjungan wisatawan dan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan peran Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM).

"Agenda kepariwisataan dikemas dalam satu event terjadwal seperti Bangka Expo pada tanggal 20 sampai 23 Juli 2022 dan Trail Run Exotic Bangka katagori lima kilometer dan 10 kilometer pada tanggal 22 Juli 2022," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Rismy Wira Madonna di Sungailiat, Kamis.

Menurutnya Bangka Expo 2022 merupakan kalender rutin tahunan yang ke empat kalinya meskipun sempat terhenti akibat pandemi COVID-19 selama dua tahun.

Selama Bangka Expo yang dipusatkan di komplek perkantoran daerah kata dia, pelaku ekonomi kreatif akan menawarkan berbagai produk inovasi dari mulai makan olahan sampai hasil kerajinan layak jual, kemudian digelar budaya, pentas seni, Talkshow Interaktif, aneka lomba dan panggung hiburan.

Dia mengatakan, satu hari sebelumnya atau tanggal 21 Juli 2022 akan dilaksanakan Ico Seat di pusatkan di Tanjung Pesona mengundang peneliti dari luar negeri bidang agro pertanian dengan panitia pelaksana pihak Universitas Gajah Mada (UGM) bekerjasama dengan Bappeda bidang Litbang.

Dalam agenda kepariwisataan 2022, kata dia Trail Run Exotic Bangka di buka untuk umum menjadi daya tarik tersendiri karena peserta tidak hanya berlomba meraih juara namun selama lari akan melintasi alam exotic pesisir pantai timur pulau Bangka.

Lokasi atau medan yang disediakan peserta Trail Run Exotic Bangka cukup menantang mulai dari lintasan jalan aspal, berpasir, berbatu, menanjak dan menurun yang dipadukan dengan keindahan panorama exotic pantai timur Sungailiat.

"Masyarakat atau wisatawan sudah dapat mendaftar peserta Trail Run Exotic Bangka  melalui www.bangkaexoticrailrun.com,"jelasnya.

Rismy mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah itu bersama - sama mendukung kegiatan kepariwisataan dengan ikut berperan baik sebagai peserta Trail Run Exotic Bangka  maupun berkunjung dan membeli produk UMKM.

Dia optimis sektor pariwisata dan ekonomi kreatif secara perlahan akan kembali pulih seperti semua setelah terdampak severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) selama kurang lebih dua tahun.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022