Sebanyak 102 peserta mengikuti turnamen catur yang diselenggarakan oleh Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai 23-25 Juni mendatang.

Ketua Percasi Belitung, Sriwana di Tanjung Pandan, Kamis mengatakan turnamen catur tersebut digelar dengan tujuan menjaring atlet-atlet catur baru di daerah itu.

"Turnamen ini untuk menjaring bibit-bibit pecatur baru yang bisa mencintai olahraga catur dan selanjutnya akan dilakukan pembinaan," katanya.

Menurut dia, turnamen tersebut juga digelar sebagai persiapan menghadapi sejumlah kompetisi catur yang akan berlangsung dalam waktu dekat seperti Kejuaraan Daerah (Kejurda), Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bangka Belitung.

"Melalui turnamen ini kami ingin menggaungkan kembali olahraga catur kepada masyarakat," ujarnya.

Sriwana menambahkan, jumlah peserta turnamen catur tersebut mencapai 102 orang terdiri dari peserta putra sebanyak 73 orang dan peserta putri 29 orang mulai tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah atas dan masyarakat umum.

"Untuk kategori umum batas usia maksimal 35 tahun," katanya.

Dia berharap, melalui turnamen catur tersebut dapat melahirkan bibit-bibit pecatur baru yang dapat mengukir berprestasi dan mengharumkan nama baik daerah melalui olahraga catur.

"Kami juga mengapresiasi antusias peserta yang telah mendaftar dalam turnamen ini dan para orang tua yang senantiasa mendukung anak-anaknya dalam turnamen ini," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2022